PEMILU 2024, Ini Dia 13 Anggota DPR RI dari Provinsi Riau Berdasarkan Pleno KPU

0 108

DERAKPOST.COM – Diketahui, sekarang ini sudah ada hasil Pleno KPU Riau, untuk jadi anggota DPR RI dari Provinsi Riau. Hal itu, ada 13 terpilih dari Dapil Riau 1 dan Riau 2 tersebut.

Hasil pleno KPU Riau sudah menyebutkan daftar 13 nama itu akan lolos ke Senayan untuk mewakili provinsi Riau. Berikut dari profil anggota DPR RI yang terpilih sangat beragam.

Misalnya, nama yang terpilih berdasarkan pleno KPU Riau itu, mulai dari artis Iyeth Bustami hingga mantan Gubernur Riau, Syamsuar adalah sebelumnya menjabat sebagai Bupati Siak selama dua periode.

Dari daftar 13 nama yang terpilih, empat nama di antaranya adalah anggota DPR RI periode 2019-2024. Empat anggota DPR RI asal Riau kembali terpilih itu Achmad (Demokrat), Muhammad Rahul (Gerindra), Abdul Wahid (PKB), dan Syahrul Aidi Maazat (PKS).

Berikut 13 nama anggota DPR RI dari Dapil Riau 1 dan Riau II berdasarkan hasil Pleno KPU Riau :

Dapil Riau I

1. Syamsuar (mantan Gubernur Riau) dari Golkar

2. Dewi Juliani dari PDI Perjuangan

3. Iyeth Bustami (penyanyi dangdut dan Melayu) dari PKB

4. Achmad (mantan Bupati Rohul 2 periode) dari Demokrat

5. M Rahul dari Gerindra

6. Karmila Sari (anggota DPRD Riau) dari Golkar

7. Hendry Munif dari PKS.

Dapil Riau II

1. Yulisman (Ketua DPRD Riau) dari Golkar

2. Abdul Wahid dari PKB

3. Syahrul Aidi Maazat dari PKS

4. Siti Aisyah dari PDI Perjuangan

5. Sahidin dari PAN

6. Rohid dari Gerindra

Untuk diketahui bahwa pada Pemilu 2024 ini, Partai Golkar itu masih menancapkan kejayaan di Provinsi Riau. Perolehan suara Partai Golkar cukup jauh jaraknya dengan partai lainnya.

Partai Golkar berhasil meraih suara total keseluruhan 770.977 sehingga berhasil mengirim tiga wakilnya sebagai anggota DPR RI di Senayan. Dua orang dari Dapil Riau I dan satu orang dari Dapil Riau II.

Perolehan suara tertinggi kedua disusul PDI Perjuangan dengan jumlah 431.177 suara. PDIP itu meraih 2 kursi DPR RI di Senayan, satu dari Dapil Riau I dan satu dari Dapil Riau II.

Posisi ketiga dengan suara terbanyak diraih PKS dengan jumlah suara mencapai 384.023. PKS raih dua kursi yaitu di Riau I dan Riau II.

Posisi berikutnya ada PKB yang mealami lonjakan suara cukup signifikan dengan raihan 351.942 suara. Sama dengan dua partai sebelumnya, PKB juga mendapat dua kursi di Senayan, masing-masing satu orang dari Dapil Riau I dan Riau II.

Kemudian Gerindra di posisi berikutnya Gerindra 301.207 suara. Gerindra juga berhasil mendudukkan dua wakilnya di Senayan dari Dapil Riau I dan Riau II.

Selanjutnya ada juga Demokrat meraih 285.992 suara dan PAN meraih suara 266.122 suara, masing-masing partai ini meraih satu kursi di Senayan.

Demokrat dari Dapil Riau I dan PAN dari Dapil Riau II. Terakhir Partai Nasdem meraih 252.177 suara, namun tidak ada calegnya berhasil duduk di DPR RI. (Rul)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.