Menag Yaqut Sebut Ibadah Haji Dibuka Tahun Ini

0 51

 

JAKARTA, Derakpost.com- Diketahui ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghadiri Mu’tamar wa Ma’radl Khidamaatil Hajj wal ‘Umrah atau Muktamar dan Pameran Internasional Haji dan Umrah di Saudi Arabia, Senin (21/3/2022).

“Mu’tamar wa Ma’radl Khidamaatil Hajj wal ‘Umrah atau Conference and Exhibition for Hajj and Umrah Services diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umroh KSA yang dibuka pagi tadi semakin meyakinkan saya, ibadah haji akan dibuka tahun ini,” kata Yaqut dalam cuitannya, @YaqutCQoumas, Selasa (22/3/2022).

Dalam rangkaian cuitannya, Yaqut juga mengapresiasi kesiapan pemerintah Arab Saudi dalam menyambut dan memberikan pelayanan terhadap jemaah haji.

“Tadi ditunjukkan bagaimana kesiapan KSA dalam menyambut dan memberikan pelayanan terhadap jamaah haji dari seluruh dunia dari sisi infrastruktur maupun teknologi. Semoga apa yang ditunjukkan, benar-benar bisa terlaksana mulai tahun ini. Biidznillah,” tuturnya dilansir cnnindonesia.

Sebelumnya, Yaqut memastikan akan ada pemberangkatan jemaah haji dari luar kerajaan Arab Saudi pada penyelenggaraan haji tahun 1443 Hijriah atau 2022 tahun ini. Kepastian itu Ia sampaikan usai bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah di Kantor Kementerian Haji dan Umrah, Jeddah, Arab Saudi.

“Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi,” kata Yaqut dalam keterangan resminya.

Meski demikian, Yaqut tak merinci apakah jemaah Indonesia menjadi salah satu negara yang diperbolehkan Saudi mengirimkan jemaah hajinya tahun ini atau tidak.

Pada pertemuan itu, Yaqut turut mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jemaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci.

Kepastian terkait kuota haji ditunggu oleh semua negara pengirim jemaah, tidak hanya Indonesia. Selain Yaqut, sejumlah menteri agama dari berbagai negara juga telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menanyakan hal yang sama.

Di antaranya adalah Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Etopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya. Kunjungan kerja Yaqut ke Arab Saudi dalam rangka menghadiri Mu’tamar wa Ma’radl Khidamaatil-Hajj wal-‘Umrah yang diselenggarakan Menteri Haji dan Umrah Saudi.

Muktamar dan Pameran Internasional Haji dan Umrah yang berlangsung pada 21 Maret, dihadiri para menteri agama dari berbagai negara, khususnya yang mengirim jemaah haji. Diketahui, dua tahun belakangan ini bahwa Indonesia memutuskan absen mengirimkan jemaah hajinya ke Arab Saudi imbas pandemi virus corona.**Rul

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.