Polda Sumut Klarifikasi Kabar 15 Personel Polrestabes Medan Buron Kasus Perampokan

0 118

DERAKPOST.COM – Beredar pemberitaan yang berjudul Ada 15 personel Polrestabes Medan buron atau masuk daftar pencarian orang (DPO) kasus perampokan. Dalam hal ini pihaknya Polda Sumatera Utara (Sumut) mengklarifikasi.

Dikutip dari Okezone.com, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, menegaskan, 15 personel dikabarkan buron itu sudah dipecat alias dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) karena melanggar kode etik profesi kepolisian.

“Bukan DPO, ya. Tapi mereka telah dipecat dengan secara tidak hormat atas tindakan  pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan terkait dengan kode etik profesi Polri,” kata Hadi di Medan, Rabu (19/6/2024). Dia pun menuturkan, ke 15 personel Polri tersebut  terlibat dalam hal kasus berbeda-beda. Ada yang kasusnya di 2018 dan 2019.

Jadi sambungnya, bukan suatu kasus baru. Bahkan mereka ada banyak terlibat kasus, sehingga desersi. Hadi pun menyesalkan hal adanya informasi kurang akurat terkait selebaran yang beredar. Mungkin itu terlalu mengikuti tren di sosial media, bukan dari sumber yang kredibel.

Seperti sebelumnya sudah diberitakan, 15 personel Polrestabes Medan saat ini berstatus buron karena terlibat kasus perampokan bermodus jual beli sepeda motor secara cash on delivery (COD) atau pembayaran di tempat pada 2022.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Sub Bidang Humas Polda Sumut AKBP Sonny W Siregar, menuturkan, pada Oktober 2022, ada tiga anggota Polrestabes Medan, yaitu Bripka Ari Galih Gumilang, Briptu Haris Kurnia Putra, dan Bripka Firman Bram Sidabutar, yang telah ditangkap dan sudah menjalani sidang. Ketiganya merupakan bagian dari komplotan oknum polisi perampok. Para pelaku yang ditangkap telah dipecat.

“Mereka masuk ke dalam daftar pencarian orang karena terlibat perampokan, termasuk komplotannya ini. Statusnya itu, iya sudah dipecat,” kata Sonny, Selasa (18/6/2024).

Berikut ini daftar nama 15 anggota Polrestabes Medan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO):

1. Bripka Sutrisno

2. Bripka Ari Galih

3. Aiptu Sutarso

4. Bripka Riswandi

5. Brigadir Afriyanto Maha

6. Brigadir Sapril

7. Brigadir Muhammad Ade Nugraha

8. Brigadir Jefri Suzaldi

9. Brigadir Eliot TM Silitonga

10. Brigadir Muladi. (Fadly)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.