OSIS SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat Ajak Anak Yatim Belanja Kebutuhan Lebaran

0 941

DERAKPOST – Kegiatan kreatif OSIS SMA Negeri 1 (SMANSA) Tebingtinggi Barat dalam membantu anak yatim agar turut merasakan kebahagiaan di bulan Ramadan patut menjadi contoh. Bersama kepala sekolah dan pembina, mereka langsung mengajak para yatim berbelanja kebutuhan lebaran di pusat-pusat perbelanjaan, Jumat (29/3/2024) petang.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tebingtinggi Barat, Sari Dewi, S.Pd, MM, menjelaskan kegiatan tersebut sengaja dirancang oleh pengurus OSIS untuk memanfaatkan waktu kosong di luar proses belajar mengajar selama Ramadan. Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, sehingga anak-anak yatim juga bisa merasakan kebahagiaannya di bulan suci ini.

Untuk mendapatkan dana, sistem yang dibuat juga sangat sederhana. Selain mencari donatur, pengurus OSIS SMANSA Tebingtinggi Barat juga menerima pakaian bekas layak pakai. Baik dari warga sekolah, alumni, masyarakat sekitar dan siapa saja yang ingin menyumbang pakaian preloved tersebut.

Pakaian preloved ini kemudian dijual dengan harga murah kepada warga Tebingtinggi Barat oleh pengurus OSIS dengan membuka lapak dadakan disekitar Desa Alai. Ternyata ide kreatif ini mendapat respon positif dari warga Alai dan sekitarnya. Dalam sekejap, baju bekas layak pakai yang mereka jual pun laku terjual.

Setelah target tercapai, barulah panitia mendata dan mengumpulkan anak-anak yatim dan langsung membawa mereka berbelanja kebutuhan lebaran serta jajan. Setidaknya ada 17 orang anak yatim yang diajak berbelanja kemarin.

Untuk menjaga ketertiban di tempat keramaian, seluruh yang hadir termasuk ibu-ibu para yatim dikumpulkan untuk mendengarkan arahan dari kepala sekolah Kemudian pangurus OSIS membagikan uang sebesar Rp. 200.000 kepada masing-masing anak yatim untuk belanja pakaian dan kebutuhan lainnya di salah satu toko pakaian serba 35.000 di Jl. Alahair.

Selama proses belanja, masing-masing anak yatim juga turut didampingi oleh pengurus OSIS. Sementara para ibu diminta menunggu di tempat yang telah ditentukan. Setelah selesai dan foto bersama dengan barang belanjaannya, kemudian anak yatim tersebut kembali diberi uang Rp.50.000 dan kembali dibawa ke salah satu supermarket terbesar di Jl. Diponegoro untuk berbelanja kebutuhan jajan dan lainnya.

“Kegiatan ini sudah dirancang sebulan lalu sebelum masuknya Ramadan. Karena idenya sangat kreatif dan saya lihat pengurus OSIS ini sangat tulus untuk membantu serta tidak memberatkan pihak manapun, maka ketika usulan kegiatan itu diajukan langsung saya setujui. Bahkan, kami para guru pun ikut memotivasi agar bisa terlaksana dengan baik, ” ucap Sari Dewi.

Hal senada juga disampaikan Rizki Ramdani, S.Si, pembina OSIS SMANSA Tebingtinggi Barat. Pria yang akrab disapa Eris ini menjelaskan bahwa kegiatan berbagi kebaikan di bulan Ramadan merupakan salah satu program kerja OSIS SMANSA Tebingtinggi Barat setiap tahunnya, namun tahun ini polanya agak sedikit berbeda. Kegiatan yang diberi judul berbelanja bersama anak yatim tersebut digelar guna menyesuaikan dengan kondisi saat ini dan kebutuhan para yatim yang ada di Desa Alai, Alai Selatan dan Desa Mekong.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh donatur dan pengurus OSIS yang telah mempersiapkan kegiatan ini jauh hari. Semoga diberikan rezki yang berlimpah oleh Allah Swt dan menjadi berkah pula untuk yang menerima, ” ucap pembina OSIS SMANSA Tebingtinggi Barat ini. (Tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.