Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah 2024, Pemkab Inhu Gelar Rakor

0 143

 

DERAKPOST.COM – Agenda rapat virtual koordinasi pengendalian inflasi daerah 2024 dihadiri pimpinan daerah Inhu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hulu, Ir Hendrizal bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), aktif mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah 2024.

Rakor ini secara virtual dipimpin dari Irjen Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tomsi Tohir. Rapat bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan mengendalikan laju inflasi di tingkat daerah.

Dalam pertemuan daring ini, Tomsi Tohir menyoroti kenaikan inflasi yang melibatkan beberapa komoditas, termasuk beras, cabai, bawang putih, dan minyak goreng. Ia mendorong lembaga terkait untuk mengambil langkah konkret tanpa menunggu kenaikan harga.

“Jangan menunggu harga naik baru bertindak, tetapi bagaimana caranya mengatasi agar harga tidak sampai naik,” ungkapnya.

Rakor dihadiri oleh kepala daerah dari berbagai wilayah, yang secara kolektif membahas langkah-langkah konkret untuk mengatasi dampak inflasi di daerah masing-masing. Rapat berakhir dengan Irjen Tomsi Tohir memberikan kesimpulan, termasuk arahan kepada berbagai kementerian terkait.

Kementerian Pertanian diminta untuk mengatasi persediaan bawang putih dan menyediakan bibit cabai berkualitas, Kementerian Perdagangan diminta untuk mengatasi lonjakan harga minyak goreng, dan Bulog diminta untuk menangani harga beras, yang merupakan penyumbang inflasi terbesar.

Satgas Polri juga diminta untuk turun ke lapangan memeriksa persediaan bawang putih, apakah barang tersebut ditahan atau memang tidak ada. Para stakeholder diharapkan menyusun laporan untuk rapat koordinasi selanjutnya mengendalikan inflasi di daerah pada tahun 2024. (Tyo)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.