Ini Asal Usul Nama Panam Wilayah Berkembang Pesat di Kota Pekanbaru

0 2,511

 

DERAKPOST.COM – Kota Pekanbaru ini terdiri beberapa kecamatan. Seperti itu Senapelan, Sail, Rumbai, Tenayan, serta Tampan, dan lainnya.

Uniknya, Kecamatan Tampan yang lebih dikenal dengan nama Panam. Di dalam hal penggunaan Tampan hanya berlaku saat acara-acara resmi. Panam sangat popuiler karena salah satu wilayah di Pekanbaru yang berkembang pesat baik perekonomian maupun pendidikan.

Panam inipun menjadi salah satu pusat pendidikan di ibukota Provinsi Riau. Hal itu karena disana ada terdapat puluhan perguruan tinggi dan sekolah. Baik yang statusnya negeri maupun swasta. Maka tak ayal Panam ini menjadi wlayah yang sangat padat dan juga berkembang.

Namun tahukah kamu, dari mana asal kata Panam itu sendiri. Melansir pada bertuahpos.com. Yakni, salah satunya dari budayawan Riau, almarhum Tennas Effendy, yang menyebut, kata Panam ini berasal dari halnha perusahaan minyak Amerika, Pan America Petroleum.

Perusahaan ini juga pernah melakukan pencariannya minyak di sekitar wilayah Panam saat ini. Perusahaan, membuat semacam baliho dan spanduk bertulis Pan America dengan tulisan yang besar. Namun, masyarakat disaat itu kesulitan membacanya, dan bisa menyingkat saja jadi Panam. Sehingga keterusan.

Dari situlah yang kemudian kata Panam dipakai masyarakat, hingga kini. Dilansir
dari Wkipedia, Pan American Petroleum and Transport Company (PAT) merupa sebuah perusahaan minyak bumi yang didirikan tahun 1916, yakni pengusaha Amerika Serikat Edward L. Doheny, yang temukan sumber minyak di Meksiko.

Pan American ini mengaut untung yang besar dari meningkat permintaan pada minyak selama Perang Dunia Pertama, dan kemudianya berlanjut berkembang penggunaanya mobil. Selama beberapa waktu, ia masih merupakan perusahaan minyak Amerika Serikat paling besar.

Dengan konsesi bisnis di AS, Meksiko, Kolombia, dan Venezuela. Kemudian ini pada 15 Juni 1962, “Pan American Oil Company” inipun mengadakan kontrak dengan Pertamina senilai US$28.5 juta mengadakan eksplorasi minyak bumi di Provinsi Riau. Tetapi itu, tidak diketahui bagaimana akhir kontrak eksplorasi. **Rul

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.